Kamis, 06 Juni 2013

Yunita ratnasari_1155201040 (Rangkaian Logika Kombinasi)

Rangkaian Logika Kombinasi

Contoh gambar rangkain logika kombimasi

rangkaian elektronika digital
Rangkaian kombinasi mempunyai komponen-komponen masukan, rangkaian logika, dan keluaran, tanpa umpan balik.Persoalan yang dihadapi dalam perancangan (design) suatu rangkaian kombinasi adalah memperoleh fungsi Boole beserta diagram rangkaiannya dalam bentuk susunan gerbang-gerbang. 

Rangkaian kombinasi terdiri dari gerbang logika yang meliki output yang selalu tergantung padakombinasi input yang ada . rangkaian kombinasi melakukan operasi yang dapat di tentukan secara logika dengan memakai sebuah fungsi boolean.
Beberapa rangkaian logika kombinasi :
1.      Enkoder
Adalah rangkaian logika kombinasi yang berfungsi untuk mengubah atau mengodekan suatu sinyal masukan diskrit menjadi keluaran kode biner.
Enkoder disusun dari gerbang logika yang menghasilkan keluaran biner sebagai tanggapan adanya dua atau lebih variabel masukan.
2.      Dekoder
Dekoder mempunyai sifat yang berkebalikan dengan enkoder yaitu merubah kode biner menjadi sinyal diskrit
3.      Rangkain Logika Kombinasi Multiplexer
Rangkaian Logika Kombinasi Mltiplexer atau di singkat MUX adalah alat atau komponen elektronika yang bisa memilih input(masukan) yang akan di teruskan ke bagian output(keluaran). Pemilihan mana yang akan di tentukan oleh signal yang ada di bagian kontrol (kendali) select.
4.      Rangkaian Logika Kombinasi Demultiplekser
Adalah komponen yang berfungsi dari MUX. Pada DEMUX, jumlah masukkannya hanya satu,tetapi baian keluaran banyak, signal pada bagian input ini akan di salurkan ke bagian output (channel) yang mana tergantung dari kendali pada bagian selectnya

1 komentar: