Rabu, 12 Juni 2013

Maryuni_1155201017 ( Pengertian POWER SUPPLY)



Pengertian Power Supply

            Pengertian Power Supply adalah suatu hardware komponen elektronika yang mempunyai fungsi sebagai supplier arus listrik dengan terlebih dahulu merubah tegangan dari AC jadi DC. Jadi arus listrik PLN yang bersifat Alternating Current (AC) masuk ke power supply, dikomponen ini tegangannya diubah menjadi Direct Current (DC) baru kemudian dialirkan kekomponen lain yang membutuhkan. Proses pengubahan tegangan tersebut dilakukan karena hardware pada umumnya seperti komputer, hanya bisa bekerja dengan menggunakn arus DC. Ibaratnya makhluk hidup, power supply sama dengan jantung yang fungsi utamanya untuk memompa hasil proses pembentukan darah keseluruh tubuh yang memerlukannya.

Power supply dibedakan menjadi 2 jenis berdasar rancangannya :

1)      Catu Daya Internal, yaitu komponen yang dibuat secara terintegrasi dengan motherboard/papan rangkaian induk. Contoh : ampilifier, televisi, DVD Player.

2)      Catu Daya Eksternal, yaitu komponen yang dibuat dengan terpisah dari motherboard perangkat elektroniknya. Contoh : charger Laptop dan charger HP.

 


Berikut ini, Fungsi dari setiap konektor dalam power supply :
1)    Konektor 20 PIN dan 24 PIN ATX Motherboard : jenis konektor jenis ini dipakai untuk      menghubungkan power supply dengan Motherboard untuk mengalirkan daya kepadanya.
2)      Konektor 4 PIN dan 8 PIN : jenis konektor 4pin 12v umumnya dipakai untuk komputer dengan     pentium4. Kemudian jenis konektor 8pin 12v umumnya dipakai untuk jenis komputer server. Fungsi konektor ini yaitu untuk menyuplai daya secara khusus kepada processor.
3)      6 PIN AUX – Power Kabel : jenis konektor ini dipakai untuk komponen VGA Card berjenis PCIe, karena komponen ini membutuhkan daya yang lebih untuk beroperasi.
4)      Konektor 4 PIN Peripheral : jenis konektor ini dipakai sebaai penghubung ke komponen seperti      kipas angin, CD-ROOM, HD, dll.
5)      Floppy Disk – Power Kabel : jenis konektor ini dipakai untuk menyuplai daya kekomponen floppy disk.
6)       SATA – Power Kabel : jenis konektor ini dipakai untuk menyuplai daya ke komponen-komponen    yang port-nya berjenis SATA. Contoh : CD-Room SATA dan Hard-Disk SATA.

  • Fungsi Power Supply


          Fungsu Power Supply, dalam perangkat elektronika sangatlah penting. Sebab komponen ini yang akan membagi tegangan bagi seluruh komponen lainnya dalam suatu perangkat elektronika. Power Supply fungsinya sebagai pengubah arus dari tegangan AC jadi arus DC. Contohnya pada penggunaan komputer, fungsi tersebut penting karena sebuah komputer hanya bisa berjalan dengan menggunakan tegangan DC.


  • Jenis Power Supply :


Power Supply dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu :

1)      Power Supply AT adalah jenis komponenini yang tombol ON dan OFF-nya secara langsung terhubung dengan tombol pada casing. Power Supply jenis ini mempunyai kabel power yang terkait langsung ke motherboard serta dipisah jadi dua buah konektor power yakni P9 dan P8.

2)      Power Supply ATX adalah jenis terbarudari komponen ini dan paling banyak dipakai diera sekarang. Untuk membedakan jenis Power Supply ini dengan tipe AT adalah dari tombol powernya. Kalau jenis AT memakai switch, maka jenis power supplly ATX memakai tombol yang mengirimkan sinyal menuju matherboard layaknya tombol power dikeyboard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar