Jumat, 30 Maret 2012

Rangkaian Stopwatch Digital

Nur Kholifah 
NIM : 1055201026

Rangkaian Stopwatch Digital. Anda mungkin pernah mendengar atau melihat benda yang seperti jam yang dinamakan Stopwatch. Stopwatch berfungsi untuk mengetahui berapa lama yang diperlukan dalam suatu kegiatan. Biasanya stopwatch ini digunakan dalam berbagai perlombaan : lomba lari, renang, atau pun pacuan.
Zaman semakin maju, kalau dulu stopwatch masih dalam model manual, sekarang sudah ada yang versi digital. Pada postingan kali ini kami sajikan Rangkaian Stopwatch Digital. Bila Anda tertarik ingin membuatnya sendiri, di bawah ini kami lampirkan gambar skemanya.
Stop watch digital ini dibuat dengan IC pewaktu LM555 dan  IC penghitung 4 digit MM74C926 dengan LED multiplexing 7-segmen. MM74C926 terdiri dari counter 4 digit, sebuah keluaran internal grendel, pengendali sumber output NPN untuk katoda umum, layar 7-segmen dan sirkuit multiplexing internal dengan empat output multiplexing. Penghitung muka ujung negatif jam. Jam terus dihasilkan oleh timer IC LM555. Rangkaian bekerja dengan sebuah power supply 5V. Hal ini dapat dengan mudah dirakit pada PCB. Masukkan rangkaian ke dalam kotak logam dengan ketentuan untuk 7-segmen display, S1 saklar putar, start / stop saklar S2 dan reset saklar S3.
Mengatur ulang Rangkaian Stopwatch Digital dengan menekan S3 sehingga sekarang layar menampilkan ’0000 ‘. Saklar terbuka S2 untuk stop watch guna mulai menghitung waktu. Jika Anda ingin menghentikan jam, tutup S2. S1 rotary switch digunakan untuk memilih periode waktu yang berbeda pada keluaran dari multivibrator astabil (IC1).

sumber dari : http://rangkaianelektronika.net/rangkaian-stopwatch-digital.htm

1 komentar:

  1. mohon bantuan nya rangkain stopwatc digital yang saya buat berdasarkan rangkaian yang di posting diatas tidak mau jalan stelah saya telusuri tetap tak mau jalan mohon bantuan dari mana kesalahan nya.....

    BalasHapus