Jumat, 30 Maret 2012

Rangkaian Mesin Penetas telur

Moh. Nuri Alfian
1055201020

Bidang usaha di bidang penetasan telur merupakan peluang usaha yang  cukup terbuka, baik itu telur ayam, telur itik, telur puyuh dan telur unggas lainnya. Penetasan telur yang sudah banyak dilakukan masyarakat adalah dengan cara alami dengan memanfaatkan unggas. Akan tetapi pada usaha budi daya modern telah menggunakan Mesin Penetas Telur.
Ada berbagai macam mesin penetas telur yang bisa dipergunakan dalam bisnis ini. Tentu setiap jenis mesin tetas telur memiliki karakteristik dan cara pengoperasian sendiri-sendiri.
Tidak hanya untuk kepentingan bisnis saja, penetasan telur juga dilakukan oleh para hobbyist unggas baik unggas biasa maupun unggas hias seperti ayam mutiara, burung perkutut dan lain-lain. Menetaskan telur dengan cara alami menggunakan induk hewan merupakan cara yang mudah dan relatif tidak memerlukan keahlian khusus. Tetapi menetaskan telur dengan mesin penetas memerlukan sedikit pemahaman dari mulai pengenalan mesin, operasional mesin penetas hingga manajemen penetasan.
Rangkaian mesin penetas telur  ini bekerja berdasarkan algoritma kontrol fuzzy yang terbeban dalam AT89C51. Output dari kontroler terhubung dari AT89C51 ke port 1 dari AT89C2051 dan P1.0 sebagai bit tanda. AT89C2051 yang digunakan untuk menghasilkan sinyal PWM, sinyal ini digunakan untuk menggerakkan pemanas dan kipas. Rangkaian logika digunakan untuk menyebarkan sinyal PWM ke pemanas jika P1.0 rendah, dan untuk fan, jika P1.0 tinggi. AT89C51 menerima informasi suhu dari LM335, setelah diproses oleh ADC 0809.
Menetaskan telur dengan mesin penetas biasanya dilakukan oleh peternak dengan pertimbangan memberi kesempatan kepada induk unggas untuk bertelur lebih banyak tanpa dibebani tugas mengeram, selain itu dengan mesin tetas dapat dilakukan penetasan telur dalam jumlah banyak pada satu waktu. Usaha penetasan telur ini dapat dilakukan sebagai usaha sambilan maupun usaha pokok dalam skala besar maupun Usaha Kecil Menengah (UKM).
Untuk tujuan bisnis usaha penetasan telur dengan mesin penetas adalah mendapatkan bibit unggas dengan prosentase tetas tinggi dan berkualitas unggul. Biasanya penetasan telur skala besar dilakukan oleh farm yang sudah memiliki mesin penetas modern dengan beberapa perlengkapan. Jika ingin serius menekuni bisnis ini diperlukan analisis usaha penetasan telur dan pemilihan mesin penetas secara cermat.
Salah satu analisis usaha penetasan telur adalah memperhatikan beberapa aspek antara lain bibit yang baik dan mesin tetas yang baik. Mesin penetas  yang baik adalah yang mampu memiliki prosentase penetasan tinggi, efisien daya dan mudah dioperasikan.
Bagi pembaca setia rangkaianelektronika.net peluang usaha cukup besar di bidang penetasan telur, cobalah rangkaian mesin penetas telur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar