Minggu, 09 Juni 2013

sukma adi wiyono 1155201039

Membuat Rangkaian Stop Watch Digital 4 Digit

Stop Watch Digital 4 Digit pada gambar dibawah ini dibuat menggunakan sumber clock dari IC timer 555 dan untuk proses penampilan penghitungan waktu menggunakan IC 74C926 dan 4 buah 7 segment common cathoda. IC 74C926 merupakan counter 4 digit dengan output telah terpasang latch internal untuk output penampil 7 segmennya dan untuk output driver transistor NPN sebagai pengendali penampil 7 segmen komon katoda. teknik penampilanan data oleh IC 74C926 dilakukan secara multiplexing kepada 4 buah penampil 7 segmen yang di kontrol melalui transistor NPN. Rangkaian stop watch digital 4 digit ini dioperasikan dengan sumber tegangan DC + 5 volt. Clock dari Stop Watch Digital 4 Digit ini dibangun menggunakan IC timer 555 yang dseting memiliki output yang dapat diatur untuk detak Stop Watch Digital yaitu untuk waktu penghitungan 0,1 detik dan 1 detik.

Rangkaian Stop Watch Digital 4 Digit

Rangkaian Stop Watch Digital 4 Digit,skema Stop Watch Digital ,membuat Stop Watch Digital,PCB Stop Watch Digital,harga Stop Watch Digital,jual Stop Watch Digital,merakit Stop Watch Digital,Stop Watch Digital rakitan,kit Stop Watch Digital,modul Stop Watch Digital,Stop Watch Digital 4 digit,cara membuat Stop Watch Digital,digram Stop Watch Digital,Stop Watch Digital 5 volt,Stop Watch Digital IC TTL 

Sistem Kerja Stop Watch Digital 4Digit

Pertama saat rangkaian Stop Watch Digital 4 Digit akan digunakan kita lakukan reset Stop Watch Digital dengan cara menekan S3 (saklar Reset) sehingga layaf akan menampilkan data 0000. Kemudian untuk mulai melakukan penghitungan dilakukan dengan menekan tombol S2 (tombol start/stop) dan untuk menghentikan proses penghitungan Stop Watch Digital dilakukan dengan menekan tombol S2 (tombol start/stop) pada Stop Watch Digital. Kemudian untuk memilih waktu penghitungan pada rangkaian Stop Watch Digital ini disediakan 2 pilihan waktu penghitungan 0,1 detik dan 1 detik yang dapat dipilih dengang S1 pada Stop Watch Digital.
Rangkaian power supply untuk mengoperasikan stop watch digital 4 digit ini dapat dibuat dengan power supply yang menggunakan regulator tegangan positif IC LM7805 sehingga outputnya stabil +5 volt DC.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar