Kamis, 13 Juni 2013

Maryuni_1155201017 ( Rangkaian Adabtor )



Rangkaian Adaptor dan Cara Pembuatannya

 

Adaptor banyak dipakai didalam beragam alat sebagai catu daya, layaknya amplifier, pesawat televisi mini, radio, tape, dan lain-lain. Bila dipandang dari tipe peralatannya, alat-alat tersebut tidak terlampau besar serta juga dapat disebut praktis dikarenakan bisa dengan mudah dipakai oleh seluruh orang. Dalam pembuatan rangkaian adaptor, untuk perlengkapan elektronika yang senantiasa membutuhkan tenaga listrik DC untuk reparasi ataupun untuk percobaan-percobaan, maka kita dapat menggunakan catu daya yang lebih irit serta stabil dibanding dengan batu baterai, dikarenakan batu baterai daya tahannya amat terbatas serta mudah berlangsung pergantian tegangan.

layaknya pesawat-pesawat elektronika biasanya, maka rangkaian catu daya juga adalah satu rangkaian elektronika yang terdiri dari sebagian blok serta sisi yang memiliki peran serta manfaat yang berlainan, dikarenakan manfaat serta manfaat tiap-tiap sisi catu daya tidak terlepas dari sipat, manfaat, serta manfaat tiap-tiap komponen yang membentuknya. rusaknya pada type adaptor tersebut kerap didapati akibat hubungan singkat dari arus listrik dikarenakan itu mesti di perhatikan masukannya, karena hal tersebut umumnya punya pengaruh jelek pada ic.

Sistematika Pembuatan Rangkaian Adaptor :
  1. Menentukan rangkaian yang akan dibuat.
  2. Menggambar skema rangkaiannya di atas PCB
  3. Membuat rangkaian adaptor setelah gambar rangkaian di atas benar.
Setelah selesai membuat skema rangkaian adaptor diatas, skema rangkaiannya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

Dalam mendukung pekerjaan pembuatan rangkaian adaptor ini, Ada beberapa alat-alat yang perlu digunakan, seperti solder untuk merekatkan komponen elektronik dengan PCB, bor untuk melubangi PCB, tang jepit dan atau tang kombinasi, dan obeng, baik obeng minus (-) atau obeng plus (+).

Sedangkan komponen-komponen elektronik yang diperlukan adalah sebagai berikut :
1.   Diode 1 A  4 buah.
2.   Capasitor 3 buah.
3.   IC 7805 1 buah.
4 .  IC 7812 1 buah.
5.  Papan PCB 10 x 7 cm
6.  Kabel  2 m.
7.  Tinol  2 m.
8.  Larutan pelarut papn PCB 1 bungkus.
9.  Trafo 2 A.
10. Jack DC 2 buah.

Penggunakan adaptor ini bertujuan untuk mengubah aliran listrik AC jadi arus listrik DC yang rendah, yang cocok dengan tegangan baterai yang diperlukan, contohnya : 3 volt, 4, 5 volt, 6 volt, 9 volt, serta. 12 volt. Adaptor amat pas untuk perlengkapan elektronika yang membutuhkan listrik DC, karna dengan menggunakan sumber daya adaptor dapat membuat konsumsi listrik menjadi lebih irit bila dibandingkan dengan menggunakan batu baterai. Dan penggunaan adaptor ini sangat berguna untuk bikin alat-alat elektronika yang lain misalnya amplifier, radio, televisi mini, serta alat-alat elektronika yang lainnya. Oleh karna itu adaptor banyak di pakai didalam beragam alat-alat elektronika.


  • Fungsi Adaptor Dalam Sebuah Rangkaian Elektronika


Rangkaian elektronika manapun pasti membutuhkan sumber energi untuk bisa berfungsi. Jika anda mau membuktikannya, anda bisa melihat dari sekian banyak skema elektronika, pasti anda akan menemukan sebuah sumber energi yang digunakan oleh alat elektronik tersebut. Sumber energi yang paling banyak digunakan dalam sebuah rangkaian elektronik adalah baterai dan juga solar cell. Namun kedua sumber energi tersebut hanya digunakan untuk alat elektronik yang hanya membutuhkan masukan energi yang tidak terlalu besar. Namun jika rangkaian elektronika yang ingin anda buat membutuhkan suplai energi yang cukup besar, maka anda membutuhkan adaptor sebagai alat pembalik arus AC ke DC yang bisa anda gunakan untuk memberikan energi kepada rangkaian elektronika anda agar bisa berfungis dengan baik dan benar.

Dengan menggunakan alat ini, anda tidak perlu lagi bingung mengganti baterai sebagai penyuplai daya pada rangkaian elektronik yang anda buat. Karena dengan menggunakan adaptor, daya yang akan dialirkan pada rangkaian anda tak terbatas.

Fungsi perubah arus di adaptor ini didapatkan dari penggunaan komponen seperti diode, kondensator, dan juga regulator. Diode berfungsi untuk meneruskan aliran listrik AC kepada kondensator yang nantinya akan memperkecil besar tegangan listrik AC. Di akhir, regulator membuat aliran arus AC yang sudah diperkecil menjadi aliran arus DC yang sangat cocok digunakan untuk suplai daya berbagai macam rangkaian elektronika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar