Minggu, 09 Juni 2013

Yunita Ratnasari_1155201040 (Bentuk Rangkaian Elektronik Digital)

Bentuk Rangkaian Elektronik Digital


Salah satu contoh bentuk rangkaian ektronika digital adalah JAM DIGITAL. Rangkaian jam digital adalah sebuah rangkaian pencacah naik yang bekerja secara asinkron, yang di rancang pada umumnya adalah sebuah jam dengan penujuk menggunakan ketelitian bilangan dari jam, menit sampai detik dengan sistem 24 jam. Rangkaian ini di lengkapi 4 buah tampilan 7 ruas LED untuk menampilkan waktu.


Dapat di simpulkan, bahwa rangkaian jam digital adalah sebuah rangkaian digital sederhana dengan memanfaatkan prinsip kerja dari pencacah naik yang dapat bekerja secara asinkron, di mana pencacah yang paling ujung di gunakan untuk penunjukan bilangan satu dari detik dan juga berasal dari sumber detak sedangkan pencacah selanjutnya di picu oleh pencacah sebelumnya.
Spesifikasi yang di gunakan dalam rangkaian jam digital adalah :
·         Sumber detak
Sumber detak yang digunakan adalah sebuah pembangkit pulsa yangmenghasilkan detak 1 getaran per detik (1 Hz) untuk memperoleh hitungandetik.
·         Catu daya
Semua yang membutuhkan masukan “high” pada IC dihubungkandengan positif catu daya dan sebaliknya semua yang membutuhkan masukan“low” dan input NC dihubungkan pada negative catu daya dan bukannyadiambangkan untuk menghindari hasil yang tidak dapat diprediksikan.
·         IC 7490
IC ini adalah sebuah decade counter yang mencacah empat bit dari0000 (desimal 0) sampai 1001 (desimal 9). Rangkaian dalamnya terdiri dariempat buah flip-flop berderet dan gerbang-gerbang khusus yang digunakanuntuk mereset flip-flop. Gambar rangkaian dalam, tabel kebenaran, tabelfungsi reset / count dan spesifikasi lain dari IC 7490 dapat dilihat padalampiran datasheet.
·         Indikator
Indikator yang digunakan adalah enam buah seven segment, yangdigunakan untuk menampilkan angka-angka cacahan dalam bentuk bilangandesimal.
·         Gerbang AND
Pada simulasi EWB digunakan gerbang AND biasa untuk menyederhanakan rangkaian simulasi, namun pada prakteknya dapatdigunakan IC 7408 yaitu empat rangkap gerbang AND dengan dua input

Tidak ada komentar:

Posting Komentar