Sabtu, 08 Juni 2013

Harlita Victura_1155201038 (Pencacah)

Pencacah (Counter)

  • Pencacah (counter) merupakan suatu rangkaian logika yang berfungsi untuk mencacah jumlah pulsa pada bagian input dan keluaran berupa digit biner dengan saluran tersendiri setiap pangkat dua. Pencacah terdiri dari  flip flop yang diserikan, dan arus keluaran ditahan sampa adanya clock.
  • Pencacah ada dua macam yaitu, Pencacah sinkronous dan Pencacah Asinkronous dan keduanya di bedakan dari cara di clock.
  • Pencacah sinkronous di desain menggunakan flip flop pada keadaan toggle. Flip- Flop JK atau D dapat dibuat toggle. Flip Flop JK dapat dirubah menjadi toggle dengan cara kedua input J dan K di beri kondisi High, sedangkan pada flip flop D, dapat dibuat dalam keadaan toggle dengan menghubungkan keluaran Q dengan input.
  • Pencacah aSinkronous bekerja dengan mengkaskadekan seri flip – flop dalam keadaan toggle secara bersamaan. Keluaran tiap tiap flip flop di jadikan clock untuk flio flop berikutnya secara berurutan. Hal ini menyebabkan  berubah secara asynkronous secara bersamaan, seperti gelombang. Pencacah aSinkronous dapat disebut juga dengan pencacahripple, karena setiap penghubungannya setiap flip flop sama seperti diatas senhingga frekuensinya di bagi 2.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar