Sabtu, 08 Juni 2013

Deni Riyawan (1155201010)

Mengenal Elektronika Digital

Rangkaian elektronika digital merupakan elektronika dasar yang melandasi perkembangan komputer. Rangkaian penyusun komputer terdiri dari rangkaian elektronika digital.

Elektronika digital merupakan aplikasi dari aljabar bool. Sebagaimana aljabar bool yang hanya melibatkan dua buah bilangan: 0 dan 1, rangkaian elektronika digital juga memiliki kesamaan nilai arus listrik yang mengalir atau tegangan dalam rangkaiannya. Ada dua jenis tegangan yang dijadikan dasar untuk membedakan nilainya. Ada tegangan yang bisa dianggap bernilai 1 (logika 1) dan ada juga tegangan yang dianggap bernilai 0 (logika 0). Jadi dalam rangkaian elektronika digital hanya mengenal dua buah kondisi tegangan.

Sebagaimana operasi pada aljabar bool, rangkaian elektronika digital juga menggunakan operasi tersebut dalam pengoperasiannya. Operasi yang bisa dilakukan dalam aljabar bool yaitu OR, AND dan NOT, bisa diaplikasikan dalam rangkaian elektronika digital. Rangkaian yang mengadopsi operator aljabar bool tersebut dikenal dengan gerbang logika (logic gate). Sehingga ada gerbang logika OR, gerbang logika AND dan gerbang logika NOT. Di dalam gerbang logika ada yang dinamakan dengan gerbang logikanya sendiri, ada juga masukan (input) dan keluaran (output). Kondisi masukan menentukan keluaran yang dihasilkan oleh gerbang logika yang digunakan, begitu juga dengan jenis gerbangnya.


Untuk menentukan kondisi keluaran dari masing masing gerbang logika, maka bisa dilihat dengan menggunakan tabel kebenaran. Tabel kebenaran yang digunakan untuk melihat kondisi keluaran masing-masing gerbang logika diperlihatkan sebagai berikut:

Gerbang Logika NOT
INPUT OUTPUT
a a’
0 1
1 0

Gerbang Logika AND
INPUT OUTPUT
a b a . b
0 0 0
0 1 0
1 0 0
1 1 1

Gerbang Logika OR
INPUT OUTPUT
a b a + b
0 0 0
0 1 1
1 0 1
1 1 1

Berdasarkan pada tabel kebenaran di atas, logika masukan dan keluarannya dilambangkan dengan 0 dan 1, yang menggambarkan kondisi tegangan pada gerbang logika tersebut. Untuk kondisi normal, logika 0 menggambarkan tegangan dengan level rendah, sementara logika 1 menggambarkan tegangan level tinggi. Gerbang logika NOT, keluarannya selalu berlawanan dengan kondisi masukannya. Jika masukannya memiliki tegangan level rendah akan menghasilkan tegangan level tinggi. Untuk gerbang logika lainnya bisa dilihat pada tabel kebenarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar