Rabu, 12 Juni 2013

BAHRUL ULUM 1155201013


  • ROM kependekan dari Read Only Memory :

yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM, walaupun keduanya memiliki kesamaan yaitu dapat diakses secara acak (random).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjR16fVy50rIIJ1Qv7lH-FuhovzcxmTi-7FoOLHp_tCuhT8fIgn26UIURBJ6bZKfCm1oZYAjzYWZs1HmH_kQIZ5-NkImiy3vGtUOrtpuEAG74WLyA8ntReNLnzr4RJtsyXo1fyj9YNgWA/s320/computer-rom-1.gif
http://blog.student.uny.ac.id/marchalia/files/2011/04/ddr-ram.jpeg


  • Ada 4 macam ROM, yaitu:

  1. PROM (Programmable Read Only Memory)

Yaitu rom yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi deprogram.Chip PROM adalah suatu chip yang kosong yang mana program dapat dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus. Chip PROM dapat diprogram sekali dan biasanya digunakan oleh pabrik sebagai control device di dalam produk-produknya.
2. RPROM (Re Progamable ROM)
.Merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai dengan yang diinginkan.
3.  EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
 EPROM mirip dengan PROM, tetapi program dapat dihapus dan program yang baru bisa dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus yang menggunakan sinar ultraviolet. EPROM digunakan untuk controlling device, seperti robot dan sebagainya.
4. EEPROM (Electronic Erasable Programmable Read Only Memory)
Chip EEPROM dapat diprogram ulang dengan menggunakan suatu electric impulses yang khusus. Mereka tidak perlu dicabut atau diubah.

  • Fungsi ROM :

ROM digunakan untuk menyimpan firmware. Pada perangkat komputer, sering ditemukan untuk menyimpan BIOS. Pada saat sebuah komputer dinyalakan, BIOS tersebut dapat langsung dieksekusi dengan cepat, tanpa harus menunggu untuk menyalakan perangkat media penyimpan lebih dahulu seperti yang umum terjadi pada alat penyimpan lain selain ROM.



Umumnya, pada media simpan lain, jika dieksekusi untuk dibaca isi atau datanya, media simpan tersebut harus dinyalakan lebih dahulu sebelum dibaca, yang tentu saja membutuhkan waktu agak lama. Hal seperti ini tidak terjadi pada ROM.



Pada komputer (PC) modern, BIOS disimpan dalam chip ROM yang dapat ditulisi ulang secara elektrik yang dikenal dengan nama Flash ROM. Itulah sebabnya istilah flash BIOS lebih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar