Jumat, 13 April 2012

Rangkaian Penjaga Audio Mobil

Pandu Wijaya Kusuma : 1055201028.   Rencana tak selamanya berjalan mulus dan sesuai harapan. Alhasil harusnya jam 11.45 sudah sampai kantor eh nyatanya masih dalam perjalanan. Hari Jum’at lagi. Terpaksa deh kami di sepanjang jalan mencari mesjid untuk ikut shalat Jum’at. Setelah ketemu, mobil di parkir di tepi jalan karena halaman mesjid sudah penuh dengan parkiran lain. Kami pun langsung turun dan masuk ke dalam mesjid.
Waduh ternyata ketiban sial, rupanya pas ninggalin mobil lupa nutup kaca pintu depan. Jadi deh perangkat audio mobilnya ada yang ngembat. Rupanya si pencuri kurang tahu adat, berani-berani nyuri barang orang yang lagi shalat. Tar kualat lho. Temenku yang satu ini (yang punya mobil) emang maniak musik, makanya di dalam mobil juga audio sistem yang dipasangnya CD/DVD player, bukan lagi tape mobil.
Yach dari pada kejadian yang sama terulang, setelah kembali membeli audio sistem yang baru, kami mencoba membuat rangkaian pengaman berupa alarm anti maling. Tapi yang ini spesial buat ngamanin audio mobil. Dokter aja ada spesialisnya masa alarm gak ada hik hik hik
Ini sob Rangkaian Penjaga Audio Mobil yang kami maksud. Silakan lihat dan pelajari gambar skemanya. Kalo berminat, bikin aja sendiri. Gampang kok.
Cara Menjaga Audio Mobil Dari Pencurian sensor  Pencuri Audio Mobil Anti Maling Alarm
Rangkaian Penjaga Audio Mobil ini kecil, berdasarkan chip populer CD4093 CMOS NAND, dapat secara efektif digunakan untuk melindungi sistem audio mobil mahal Anda terhadap pencurian. Ketika 12V DC dari baterai mobil diterapkan pada gadget (seperti yang ditunjukkan oleh LED1) melalui saklar S1, sirkuit beralih ke modus siaga. LED dalam IC1 optocoupler menyala sebagai terminal katoda yang didasarkan melalui audio mobil (penguat) tubuh. Akibatnya, output pada pin 3 dari gerbang N1 turun dan menonaktifkan seluruh rangkaian. Setiap kali dilakukan usaha untuk menghapus audio mobil dari pemasangannya dengan memotong kabel yang menghubungkan, optocoupler segera mati, sebagai terminal katoda LED yang menggantung. Akibatnya, rangkaian osilator dibangun di sekitar gerbang N2 dan N3 diaktifkan dan mengontrol timing ‘on’ / ‘off’ dari relay melalui transistor T2. (Kontak Relay dapat digunakan untuk memberi energi sebuah pager darurat, indikator, klakson mobil, dll, seperti yang diinginkan) Akhirnya alarm berbunyi sebagai pertanda ada orang yang mau menggondol audio mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar