Jumat, 30 Maret 2012

Rangkaian Konverter Frekuensi

 siti komariyah
1055201036

Rangkaian Konverter FrekuensiIni adalah  rangkaian konverter 35,3-10,7 MHz. Rangkaian ini mengubah sinyal 35,3 MHz yang datang dari tuner VHF / UHF ke tuner FM untuk memecahkan kode audio TV dalam kualitas FM. IC yang digunakan (TBA120) adalah salah satu komponen yang paling umum di sirkuit radio dan TV. Meskipun dirancang sebagai penguat RF dan demodulator FM, juga dapat digunakan untuk banyak aplikasi lainnya.
Rangkaian Konverter Frekuensi bekerja sesuai dengan prinsip sederhana: konverter selalu memiliki mixer dan osilator. TBA120 ini dapat digunakan sebagai mixer. Komponen penguat yang kemudian dapat digunakan sebagai osilator dengan menambahkan sebuah jaringan LC untuk itu (L1/C1). Oya, kalau kurang jelas dan kurang mengerti, Anda bisa lihat dan pelajari gambar skemanya di bawah ini dengan teliti.

Menggunakan nilai yang diberikan pada gambar skema di atas, Rangkaian Konverter Frekuensi berosilasi pada 46 MHz. Kemudian dicampur dengan sinyal input dari 35,3 MHz menghasilkan ke sinyal keluaran 10,7 MHz. Berikut ini contoh, seseorang dapat memodifikasi sirkuit untuk mengkonversi frekuensi lain. Komponen yang perlu diukur lagi adalah jaringan osilator L1/C1 dan filter output L2/C5. Jika frekuensi osilator yang diinginkan jauh di bawah 46 MHz, R1/C3 juga harus disesuaikan dengan L1/C1 tersebut. Kedua nilai harus ditingkatkan untuk frekuensi osilator yang lebih rendah tetapi nilai yang sebenarnya tidak sangat kritis dan dapat diturunkan secara eksperimen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar