Jumat, 30 Maret 2012

Pengertian Mengenai Elektronika Digital

siti komariyah
1055201036
Dalam dunia Elektronika, kita mengenal 2 pokok bahasan sebenar nya, yaitu Elektronika Analog dan Elektronika Digital. Silahkan pelajari dulu mengenai Elektronika Analog pada artikel sebelum nya.Elektronika digital merupakan sebuah sistem elektronik yang menggunakan signal digital. Perbedaan mengenai bentuk signal analog dan digital bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
Gambar Bentuk Signal Analog dan Signal Digital
Dari gambar tersebut kita lihat bagaimana bentuk perbedaan signal nya. Signal digital ini didasarkan pada signal yang bersifat terputus – putus. Biasa nya dilambangkan dengan notasi Aljab`r 1 dan 0. Dimana notasi 1 diartikan sebagai kondisi Logika High ( Tinggi ) atau kondisi tegangan berpolaritas positif ( umum nya dalam dunia digital logika 1 = + 5 v ). Sebalik nya notasi 0 diartikan sebagai kondisi Logika Low ( Rendah ) atau kondisi tegangan berpolaritas negative atau ( 0 Volt atau Ground ).
Jadi dalam dunia digital ini kita hanya akan mengenal 2 kondisi logika yaitu 1 dan 0.Contoh yang paling sederhana untuk memahami pengertian ini adalah saklar lampu. Ketika kita menekan On berarti akan terjadi hubungan sehingga dinotasikan 1, ketika kita tekan Off maka akan sebalik nya. Elektronika Digital merupakan aplikasi dari aljabar Boolean dan dipakai dalam berbagai apliaksi lanjutan seperti halnya dalam piranti komputer, HP, Sistem Kendali, Robotika, dsb.
Apakah kelebihan dari Elektronika Digital ini :
1. >> Sistem digital mempunyai interface ( antar muka ) yang mudah dikendalikan dengan komputer dan perangkat lunak ( software ).
2. >> Dalam proses penyimpanan informasi jauh lebih mudah dilakukan dari pada system analog.
Namun tidak hanya kelebihan yang dimiliki oleh elektronika Digital, kelemahan nya pun pasti ada, :
1. Pada beberapa kasus, sistem digital membutuhkan sebuah energy yang lebih besar, komponen yang digunakan jauh lebih mahal, dan lebih rapuh alias rentan dengan kerusakanterhaap kondisi – kondisi tertentu.
2. Untuk membuat system yang kompleks dibutuhkan kemampuan olah logika yang tinggi, sehingga terkaang orang menyebut nya system digital terlalu rumit untuk aplikasi yang High Level.
Namun, tak ada salah nya kita pelajari terlebih dahulu dan kita mulai dari pengenalan dan pemahaman “Gerbang Logika Dasar
Baca Artikel selanjut nya mengenai "Belajar Gerbang Logika"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar