Jumat, 31 Mei 2013

l Sukma Adi Wiyono (1155201039)

                  Pengertian Sistem Digital dan Sistem Analog

istem digital adalah suatu sistem yang berfungsi utuk mengukur suatu nilai yang bersifat tetap atau tidak teratur dalam bentuk diskrit berupa digit-digit atau angka-angka. Sedangkan sistem analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinue yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.

Persamaan sistem analog dan digital:
  1. Sama-sama merupakan sinyal data
  2. Semua bisa dibuat dalam bentuk IC
Perbedaan sistem analog dan digital:
  1. Sistem digital mampu mengirimkan informasi lebih cepat dari analog
  2. Sistem analog lebih sensitif dari ganguan atau noise.
  3. Sistem digital mereproduksi sinyal dengan lebih baik.
  4. Sistem digital mudah didisain dan tidak memerlukan matematika khusus.
  5. Fleksibilitas dan fungsionalitas yang lebih baik.
Berbicara tentang sistem digital, kita juga akan mengenal sistem bilangan. Nah, untuk itu mari kita pelajari sistem bilangan itu mulai dari sekarang.
Sistem bilangan adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu fisik. Nah, sistem bilangan itu sendiri ada 4 yaitu:
-          Bilangan desimal               : sistem ini menggunakan 10 macam bisa yaitu 0-9. Sistem ini    menggunakan basis 10.
-          Bilangan biner                   : sistem bilangan bineri menggunakan 2 macam bisa yang berbasis  2 yaitu 0 dan 1.
-          Bilangan octal                   : sistem bilangan octal menggunakan 8 macam bisa yang berbasis 8, digitnya yaitu dari 0-7                    
-          Bilangan heksa desimal     : sistem bilangan heksa desimal menggunakan 16 macam bisa yang berbasis 16, yaitu 0-9 dan A,B,C,D,E,F. yaitu A=10, B=11, C=12, D=13, E=14, F=15.

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar