Jumat, 24 Mei 2013

dyah ayuk_1155201021



INTEGRETED CIRCUIT  (IC)

IC (integrated Circuit) tersusun dari ratusan atau bahkan ribuan dioda, transistor dan komponen elektronik lain terangkai dan terpadu membentuk sebuah fungsi tertentu, misalnya : IC khusus pembanding tegangan, IC penghitung bilangan biner, IC penambah ( adder ), IC multiplexer-demultiflexer, IC ADC ( Analog to Digital Converter ), DAC dan lain lain.

IC dipakai sebagai otak dari peralatan elektronika.

Hanya setengah abad setelah penemuannya, IC telah digunakan dimana-mana. Radio, televisi, komputer, telepon selular, dan peralatan digital lainnya yang merupakan bagian penting dari masyarakat modern. Contohnya, sistem transportasi, internet, dll

IC mempunyai ukuran seukuran tutup pena sampai ukuran ibu jari dan dapat diisi sampai 250 kali dan digunakan pada alat elektronika seperti:
Telepon            Handphone
Kalkulator        Radio

IC digunakan untuk beberapa keperluan pembuatan peralatan elektronik agar mudah dirangkai menjadi peralatan yang berukuran relatif kecil.

Keunggulan IC (Integrated Circuit)
Di era teknologi canggih saat ini, peralatan elektronik dituntut agar mempunyai ukuran dan beratnya seringan dan sekecil mungkin dan hal itu dapat dimungkinkan dengan penggunaannya IC. Selain ukuran dan berat IC yang kecil dan ringan, IC juga memberikan keuntungan lain yaitu bila dibandingkan dengan sirkit - sirkit konvensional yang banyak menggunakan komponen IC dengan sirkit yang relatif kecil hanya mengkonsumsi sedikit sumber tenaga dan tidak menimbulkan panas berlebih sehingga tidak membutuhkan pendinginan (cooling system).

Kelemahan IC (Integrated Circuit)
Kelemahan IC atau kategori IC itu dapat dikatakan rusak antara lain adalah keterbatasannya di dalam menghadapi kelebihan arus listrik yang besar, dimana arus listrik berlebihan dapat menimbulkan panas di dalam komponen, sehingga komponen yang kecil seperti IC akan mudah rusak jika timbul panas yang berlebihan. Demikian pula keterbatasan IC dalam menghadapi tegangan yang besar, dimana tegangan yang besar dapat merusak lapisan isolator antar komponen di dalam IC.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar