Senin, 15 April 2013

( Imam Nur Rohmad Y.U_1155201025 )

Rangkaian Alarm Detektor Panas

Sebuah proyek elektronik rangkaian alarm detektor panas yang sangat sederhana dapat dirancang dengan menggunakan IC UM3561 sound generator dan beberapa komponen elektronika yang umum. Proyek rangkaian elektronik detektor panas ini menggunakan sepasang transistor pelengkap yang terdiri npn dan pnp transistor untuk mendeteksi Kolektor panas pada transistor T1 terhubung ke kaki basis transistor T2, sedangkan kolektor transistor T2 terhubung ke relay RL1. Transistor T3 dan T4 terhubung dalam konfigurasi darlington yang digunakan untuk memperkuat sinyal audio dari IC UM3561.


komponen elektronika


Ketika suhu yang mendekati transistor T1 mulai panas, resistensi pada emitor- kolektor akan berkurang dan mulai terjadi konduksi. Pada saat yang sama transistor T2 juga terjadi konduksi, karena basisnya terhubung ke kolektor transistor T1 dan relay RL1 mulai terisis energi sehingga switch akan bekerja (on) pada sirene yang menghasilkan suara alarm kebakaran. Rangkaian alarm detektor panas ini harus didukung oleh catu daya DC 6 volt, sedangkan IC UM3561 dinyalakan menggunakan dioda zener 3 volt, karena suara alarm membutuhkan 3 volt power supply dc. Relay yang digunakan dalam rangkaian ini harus menggunakan relay 6 volt / 100 ohm dan speaker harus memiliki beban 8 ohm dan daya 1 watt.




Cara Membuat PCB

Suatu rangkaian elektronika tentunya memerlukan papan pcb (printed circuit board) sebagai media untuk merangkai komponen-komponen elektronika menjadi suatu rangkaian.  Cara membuat pcb diperlukan agar pcb yang digunakan pada suatu rangkain mudah  di buat dan agar terlihat rapi serta mudah untuk dilakukan pengecekan saat rangkaian elektronika itu tidak berfungsi dengan baik. Saat akan membuat papan pcb, umumnya kita harus membuat lay out papan pcb-nya terlebih dulu dengan menggunakan papan breadboard atau juga dapat menggunakan software seperti dip trace. Sesudah selesai membuat lay out papan pcb, kemudian buat jalur-jalur pada papan pcb. Cara membuat jalur pada papan pcb menggunakan teknik print lay out.



Kita dapat membuat jalur pada papan pcb menggunakan teknik print lay out dengan langkah-langkah berikut:
  • pertama, kita harus mempunyai lay out dari desain papan pcb terlebih dulu yang dapat kita buat dengan mudah menggunakan software dip trace.
  • sesudah mempunyai lay out desain papan pcb yang sesuai dengan keperluan berbagai jenis komponen yang akan kita pakai, maka kita dapat mulai mencetak lay out tersebut pada sebuah kertas photo glossy menggunakan printer dengan tinta type toner. Harap cermati pemakaian tinta pada printer harus type toner agar hasil yang diperoleh sesuai dengan yang diperlukan.
  • bersihkan serta haluskan papan pcb pada bagian tembaga serta cuci bersih menggunakan air. setelah kering, setrika papan pcb dengan ditutupi kain serta kertas lay out menghadap ke bagian tembaga dari papan pcb.
  • gosok papan pcb dengan setrika selama lebih kurang 5 menit dengan merata di seluruh bagian terlebih di bagian pinggir papan.
Setelah seluruh proses Cara Membuat PCB selesai, anda dapat memasukkan papan pcb tersebut pada bak berisi air. sesudah itu, anda dapat melepas hasil cetakan lay out yang menempel pada papan pcb bagian tembaga. proses pembuatan jalur papan pcb telah selesai bila kita dapat melihat jalur-jalur telah tercetak pada papan pcb kita untuk media pemasangan rangkaian elektronika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar